Cara Setting Hemat Baterai di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Punya smartphone dengan segudang fitur dan kemampuan seperti Xiaomi, akan membuat siapapun suka memilikinya, terutama kalau kemudian didukung dengan baterai yang panjang umur.

Memang smartphone sekarang dibekali baterai berdaya besar hingga 5000mAh keatas. Namun alangkah lebih baiknya kalau baterai tetap hemat, sehingga umur pakainya lebih panjang.

Cara Setting Hemat Baterai Xiaomi

Solusi paling sederhana adalah gunakan smartphone secara efektif, dan selektiflah memilih aplikasi agar tidak boros baterai, dan lebih hemat kuota.

Resikonya memang jadi seperti kurang hiburan, tapi mata dan otak akan bisa beristirahat lebih optimal.

Namun karena saat ini hampir semua orang butuh online, Anda harus kreatif menemukan banyak solusi untuk hemat baterai agar usianya panjang dan terus dalam kondisi prima

Mematikan GPS, Wifi, dan Bluetooth

Mematikan Gps Wifi Dan Bluetooth

Ini cara pertama yang seringkali tidak terpantau. Sinyal GPS yang terus-menerus hidup hanya akan menguras baterai, padahal Anda tidak sedang pergi ke tempat yang butuh GPS.

Matikan juga sinyal wifi, baik sebagai tethering console untuk memberi akses ke orang lain, atau mencari sinyal wifi supaya bisa berinternet gratisan. Kalau tidak penting, matikan saja agar baterai lebih hemat.

Penggunaan Bluetooth memang untuk memudahkan saat mengirim file, atau memberi koneksi internet ke gadget lain yang membutuhkan.

Namun itu juga menguras daya baterai, sehingga akan lebih baik matikan saja kalau memang sudah tidak digunakan lagi.

Mengatur Kecerahan Layar HP

Mengatur Kecerahan Layar

Layar yang cerah memang menyenangkan untuk dilihat, apalagi kalau sedang bermain game yang butuh konsentrasi tinggi, dan pencahayaan yang bagus.

Namun layar yang sangat terang juga berperan menguras daya baterai, sehingga akan lebih baik kalau tingkat kecerahan layar diatur yang pas untuk mata maupun tidak boros baterai.

Selain mengurangi konsumsi daya, layar yang pas tingkat kecerahannya, juga berfungsi positif untuk mata agar tidak cepat lelah, dan akan bisa lebih fokus menatap layar ketika sedang bermain game atau sedang konsentrasi chatting.

Mengaktifkan Fitur Sleep Display

Fitur ini dimaksudkan untuk mengatur berapa lama layar akan tetap menyala setelah digunakan. Paling efisien aturlah hanya menyala 15 atau 30 detik setelah menyala, agar layar cepat padam dan baterai jadi lebih hemat.

Cara menggunakan fitur ini adalah buka menu Settings, arahkan pada Lockscreen dan bukalah opsi Sleep. Pilih 15 atau 30 detik agar baterai lebih hemat karena layar cepat mati setelah tidak digunakan lagi.

Menggunakan Fitur Power Saving

Xiaomi juga membekali produknya dengan fitur penghemat baterai. Caranya buka Settings, dilanjutkan ke Security, dan pilihlah Power Saver untuk bisa menghemat baterai saat itu juga. Semua aplikasi yang tidak digunakan akan ditutup otomatis.

Saat ini Anda juga harus menjaga kesehatan baterai. Begini cara mengecek kesehatan baterai hp xiaomi.

Menonaktifkan Suara

Silent Mode juga bisa jadi solusi menghemat baterai, terutama kalau Anda punya media sosial yang banyak, dan semua punya notifikasi sendiri-sendiri.

Selain lebih irit baterai, Anda tidak akan terganggu bunyi notifikasi yang beragam.

Membersihkan File Sampah

File sampah atau cache seringkali juga membuat daya baterai terkuras. Agar sumber energy smartphone ini tetap optimal, hapuslah cache pada sistem dan browser.

Cara paling gampang tinggal mengaktifkan cleaner pada smartphone, dan semua cache akan dibersihkan.

Aktifkan Fitur Auto Close Aplikasi

Buka menu Settings, pilih menu pengaturan di pojok atas sebelah kanan, kemudian jalankan perintah Bersihkan Cache Saat Perangkat Terkunci, tinggal atur saja waktunya sesuai kebutuhan Anda.

Menonaktfikan Screen Saver

Meski penghematannya tidak besar, screen saver yang nonaktif cukup membantu dalam menghemat daya baterai agar tidak boros, karena aplikasi ini cukup menyedot baterai kalau menyala terus-menerus.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Selain membuat storage di ponsel jadi lebih lega, membuang aplikasi yang tidak perlu juga berperan besar dalam membantu penghematan daya baterai, agar kinerjanya lebih optimal dan tidak boros.

Menggunakan Charger Original

Dengan charger bawaan ponsel, pengisian daya akan lebih optimal, sehingga boros baterai akan bisa dikurangi, dan baterai akan lebih awet karena spesifikasi pengisi daya sesuai dengan peruntukan baterainya.

Menonaktifkan Location Service Di Akun Google

Ini juga punya peran penting menjaga kehematan baterai, sekaligus memperpanjang usianya.

Location Service yang aktif akan menguras daya, karena Google akan terus berupaya mencari lokasi akurat Anda, sehingga berpengaruh pada baterai.

Artikel Terkait
Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Di Xiaomi Miui
5 Cara Mengunci Jaringan 4g Di Xiaomi Miui 12 Dan 11
Cara Mematikan Talkback Hp Xiaomi Dengan Tombol Volume

Tinggalkan komentar