Cara Mengembalikan Keyboard Oppo Seperti Semula dari Touchpal

Ganti tampilan keyboard di ponsel Oppo memang mengasyikkan, karena selain gadget jadi makin keren, Anda bisa tampil beda sekaligus jadi ciri tersendiri ketika berponsel terutama di luaran.

Beragam keyboard dari pihak ke tiga bisa jadi pilihan untuk membuat ponsel Oppo anda makin tampil beda, sehingga akan menyenangkan kalau tidak sama dengan yang lain.

Apalagi keyboard dari pihak ke tiga banyak pilihan warna dan tombol, sehingga makin jadi lebih bergaya, dan bahkan ada yang sudah bundling dengan bahasa seperti Jepang atau Korea.

Sehigga kalau Anda mengerti huruf kanji atau Hangeul, akan menjadi kebanggaan tersendiri ketika bisa mengetik langsung lewat keyboard yang Anda punya.

Namun ibarat pepatah bisa bongkar nggak bisa pasang, ketika sudah merasa jenuh dengan tampilan keyboard, dan ingin mengembalikan ke default asalnya, seringkali pengguna Oppo malah tidak paham bagaimana caranya.

Jadi bisa mengganti tapi tidak bisa mengembalikan.

Cara paling gampang dan praktis memang dengan hard reset atau menggunakan Reset Factory Setting. Tinggal satu kali tapi semua sudah beres, dan ponsel malah akan kembali seperti baru.

Tapi cara ini jelas sangat mengandung resiko, terutama kehilangan kontak yang sudah Anda miliki di ponsel.

Kebayang kan kalau harus menyimpan kontak lagi satu per satu. Belum lagi password medsos dan juga aplikasi chatting seperti Whatsapp atau Telegram yang pasti meminta akses ulang ke nomor ponsel karena tidak dikenal akibat semua contact hilang.

Tak perlu khawatir, karena tiap ada masalah, selalu ada solusi untuk jalan keluar, termasuk mengembalikan keyboard Oppo agar kembali seperti semula, dan cara ini dijamin bebas ribet.

Cara Mengembalikan Keyboard Oppo Seperti Semula

  1. Jalankan aplikasi Settings dan geser ke bawah sampai menemukan menu Additional Settings.
  2. Dari sekian sub menu yang muncul, pilihlah Keyboard & Input Method dan lanjutkan dengan memilih Default Keyboard.
  3. Karena yang akan dipilih adalah keyboard standar, akan muncul beragam pilihan keyboard, termasuk yang Anda install untuk mengganti tampilannya. Pilih Gboard sebagai default.
  4. Keyboard akan kembali seperti bawaan Oppo pada umumnya. Cara mengeceknya, cobalah buka aplikasi chatting seperti WA, Telegram, Line, atau apapun pilihan Anda, dan coba untuk mengetik sesuatu.
  5. Kalau tampilan sudah kembali seperti semula, berarti penggantian keyboard dengan default aslinya sudah selesai.

Cara Mengembalikan Keyboard Oppo dari Touchpal

Ada cara lain yang juga efektif mengembalikan keyboard default Oppo, yaitu dengan membuka aplikasi chatting, dan cobalah untuk mengetikkan pesan dengan mengklik atau tap kolom pesan yang kosong.

  1. Pertama kan muncul papan keyboard untuk mengetikkan pesan, dengan beberapa gambar menu di atasnya.
  2. Pilihlah menu Touchpal berupa gambar tiga bar dan garis lengkung di bawahnya. Letaknya ada di pojok paling kiri di atas rangkaian huruf keyboard.
  3. Setelah itu akan muncul menu Bahasa. Sebagai contohnya pilihlah Bahasa Indonesia, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Penuh di bawah pilihan bahasa.
    Tombol Penuh
  4. Selanjutnya keyboard Oppo Anda akan kembali seperti semula.

Kalau tampilan keyboard alternatif dari pihak ke tiga sudah tidak dibutuhkan lagi, dan sudah dirasa mengganggu karena ingin kembali ke default, silakan uninstall keyboard tersebut, agar tidak memenuhi storage ponsel dan juga memori.

Meski ukuran file keyboard variasi atau alternatif hanya beberapa Megabyte, tetap saja akan sangat mengganggu, apalagi kalau sudah tidak dipakai lagi, dan Anda ingin kembali ke keyboard asal Oppo.

Tinggalkan komentar