Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di Xiaomi

Vendor ponsel termasuk Xiaomi, selalu menyertakan peramban atau browser bawaan, selain milik Google yaitu Chrome yang memang selalu ada dalam bundling operating system (OS) Android sebagai nyawa dari sebuah smartphone.

Pada beberapa merek HP, browser bawaan pabrik biasanya selalu menjadi default, atau aplikasi utama untuk digunakan.

Namun sebagai bagian dari OS Android, Google Chrome juga selalu jadi peramban standar yang juga selalu dibawa, dan jadi aplikasi standar, apapun merek ponselnya.

Kalau ingin menggunakan Chrome sebagai browser default, ada cara praktis dan anti repot, sehingga ketika ingin browsing di internet, Anda tinggal jalankan tanpa harus memilih mana browser yang ingin digunakan.

Cara Mengganti Default Browser ke Chrome di Xiaomi

Langkah Pertama:

Bukalah menu Settings atau Pengaturan, kemudian carilah menu Apps, karena langkah selanjutnya adalah mengubah settingan yang ada di sana.

Apps

Langkah Kedua:

Pilih sub menu Manage Apps dari pilihan yang muncul, lanjutkan dengan memilih tiga titik di sebelah kanan atas.

Manage Apps

Langkah Ketiga:

Begitu pilihan tiga titik di kanan atas muncul, pilihlah Default Apps untuk memunculkan beragam sub menu berikutnya.

Default Apps

Langkah Keempat:

Klik atau tap Browser agar memunculkan pilihan aplikasi peramban yang digunakan.

Browser

Langkah Kelima:

Selanjutnya muncul pilihan browser bawaan vendor ponsel yang dinamai Browser, dan berikutnya adalah Google Chrome yang bergambar lingkaran dengan warna merah kuning biru yang menjadi ciri khasnya.

Crome

Langkah Keenam:

Pilihlah Chrome sebagai default browser yang ingin dijalankan, dan selesailah prosesnya.

Setelah itu semua link yang Anda dapatkan melalui media sosial, akan langsung diarahkan untuk membuka Google Chrome sebagai browser defaultnya.

Pernahkan mengalami masalah download pending di playstore, itu terjadi karena beberapa faktor. Baca penjelasan mengenai cara mengatasi download pending di playstore.

Cara Setel Ulang Opsi Default Browser di HP Xiaomi

Browser bawaan atau default dari vendor ponsel, seringkali dikeluhkan oleh sebagian pengguna membuat kerja HP jadi berat dan boros baterai, sehingga akhirnya peramban Google Chrome jadi pilihan utama karena dianggap lebih ringan dan juga cepat.

Namun karena Chrome hanya disetting oleh Google sebagai alternatif selain bawaan ponsel, maka tidak dijadikan default, meski OS yang digunakan adalah Andorid keluaran Google.

Karena itu OS Android membebaskan Anda dari pilihan menggunakan browser, sehingga bisa mengganti peramban bawaan ponsel menjadi Google Chrome atau keluaran mana saja yang diinginkan.

Cara setel ulang opsi default browser di HP Xiaomi juga sama seperti cara mengganti aplikasi browsing bawaan menjadi Google Chrome, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Namun kalau ingin cara yang lebih praktis lagi, Anda bisa langsung tap dan tahan ikon gambar browsernya, sampai muncul pilihan App Info.

App Info

Lalu pilih dan scroll ke bawah sampai menemukan Clear Default. Tap pilihan itu, sehingga browser bawaan ponsel akan hilang.

Clear Default

Setelah itu ketika membuka sebuah link, baik dari media sosial atau aplikasi chatting, akan ada pertanyaan ingin membuka link dengan browser yang mana sebagai default (Open With).

Pilihlah ikon Google Chrome, dan centanglah tanda Remember My Choice di bawah pilihan browser.

Dengan mengingat pilihan browser untuk membuka link sebuah website, maka setiap kali Anda harus membuka peramban untuk melihat link yang didapat, otomatis sistem akan langsung mengarahkan default browsernya adalah Google Chrome.

Kelebihan yang jarang dimiliki peramban lainnya adalah, Chrome juga bisa jadi mesin pencari yang langsung tersambung dengan Google, sehingga tidak perlu repot mengetik kata Google.com lebih dulu.

Selain itu, kecepatan aksesnya menjadikan aplikasi ini sebagai primadona baik di ponsel maupun laptop atau PC.

Artikel Terkait
Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Di Xiaomi Miui
5 Cara Mengunci Jaringan 4g Di Xiaomi Miui 12 Dan 11
Cara Mematikan Talkback Hp Xiaomi Dengan Tombol Volume

Tinggalkan komentar